1301174059_IF-41-01_PTI_TUGAS3

  1. Jelaskan jenis-jenis data beserta contohnya!
  2. Jelaskan beberapa teknik visualisasi data yang anda ketahui ! (Minimal 3)

Jawab :

  • 1. Jenis-jenis data terbagi berdasarkan sifatnya, sumbernya, cara memperolehnya, dan waktu pengumpulannya.

Berdasarkan sifatnya, Data terbagi menjadi 2, yaitu Data Kuantitatif dan Data Kualitatif. Data Kuantitatif adalah data yang berbentuk angka, contohnya seperti Pendapatan, Saham, Umur dll. sedangkan Data Kualitatif adalah data yang berbentuk bukan angka, contohnya seperti Kuesioner, Survey, dll.

Berdasarkan sumbernya, Data dibagi menjadi 2 yaitu Data Internal dan Eksternal. Data Internal adalah Data yang sumbernya berasal dari dalam. Contohnya, Jumlah karyawan didalam perusahaan, Jumlah gaji karyawan perbulan didalam suatu perusahaan tersebut, dll. Sedangkan Data Eksternal adalah data yang sumbernya berasal dari luar. Contohnya data survey pendapat dari masyarakat terhadap suatu perusahaan.

Berdasarkan cara memperolehnya, Data dibagi menjadi 2 yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Data Primer adalah data yang diperoleh peneliti pertama secara langsung. sedangkan Data Sekunder adalah data yang diperoleh peneliti dari sumber yang sudah ada.

Berdasarkan waktu pengmpulannya, Data dibagi menjadi 2 yaitu Data Cross Action dan Data Berkala. Data Cross Action adalah Data yang dikumpulkan pada waktu tersebut, untuk menggambarkan keadaan pada waktu tersebut. sedangkan Data Berkala adalah Data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk mengamati perkembangan data tersebut selama periode.

  • 2. Beberapa teknik visualisasi :

1. Grafik : Visualisasi data yang menampilkan hubungan numerik antar dua variabel. beberapa contoh Grafik adalah Grafik garis, Grafik lingkaran, Grafik batang, dll.

2. Diagram : Diagram adalah simbol yang digunakan untuk menunjukkan hubungan, gambaran umum, atau ringkasan suatu proses, objek.

3. Chart : Chart adalah kombinasi dari Grafik, Numerik, atau Diagram yang digabungkan akan menghasilkan visualisasi dari suatu proses atau hubungan.

Sumber :

  • http://www.pengertianahli.com/2013/11/pengertian-data-dan-jenis-data.html
  • http://blog.bersiap.com/informasi/pengertian-diagram-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *